Kisi-kisi UKG/Uji Kompetensi Guru SD SMP SMA Tahun 2015

Kisi-kisi UKG / Uji Kompetensi Guru SD SMP SMA Tahun 2015

Kisi-kisi UKG / Uji Kompetensi Guru SD SMP SMA Tahun 2015

Kisi-kisi UKG/Uji Kompetensi Guru SD SMP SMA Tahun 2015 - Guru adalah pendidik yang profesional dengan tugas utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih , menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jenjang TK/PAUD, SD sederajat, SMP Sederajat dan SMA Sederajat. Guru harusnya memiliki kualifikasi akademik minimun S.1 atau Diploma IV yang menguasai kompetensi Pedagogik, Profesional, sosial dan Kepribadian. Profesional menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seorang guru dan menjadi sumber penghasilan yang memerlukan kemahiran yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. 

UKG adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang study dan penguasaan pedagogik dari seorang guru, juga untuk mengidentifikasi kelemahan-kelemahan guru dalam penguasaan kompentensi tersebut. UKG wajib diikuti oleh guru yang belum mempunyai sertifikat pendidik, Guru PNS atau GTY yang mengajar di sekolah swasta atau Guru honor yang diangkat oleh Bupati/Walikota, Guru yang memiliki NUPTK, Mengajar mata pelajaran yang sesuai dengan kualifikasi Akademik dan sesuai dengan bidang study yang akan disertifikasi. Apalagi untuk guru yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi wajib mengikuti kegiatan ini. Banyak istilah untuk UKG ini diataranya Porto Folio, PLPG, PPGJ dll. UKG dilaksanakan ditempat yang ditunjuk langsung oleh Dinas Kabupaten/Kota yang mempunyai fasilitas memadai. Dalam penyelenggaraannya UKg juga dilaksakan secara tertulis ataupun secara online. Namun untuk secara online bisa saja dilaksanakan asal tempat pelaksanaanya mempunyai fasilitas komputer dan jaringan internet yang memadai.

Untuk yang sudah pernah melaksanakan UKG, PLPG, PPGJ dan Porto Folio mungkin tidak asing lagi dengan Materi-Materi yang akan diujikan, namun tidak ada salahnya bila berkassekolah.com mengingatkan kembali Apa saja yang akan diujikan. Maka dari itu berkassekolah berinisiatif untuk membagikan file ini untuk anda secara gratis.Langsung saja untuk anda yang membutuhkan Kisi-kisi UKG (Uji Kompetensi Guru) SD SMP SMA Tahun 2015 bisa langsung anda download dengan link dibawah ini :

Kisi-kisi UKG Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran


Demikianlah uraian singkat dan padat tentang Kisi-kisi UKG / Uji Kompetensi Guru SD SMP SMA Tahun 2015. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan berguna khususnya untuk penulis sendiri dan umumnya untuk anda Para Guru Kelas ataupun Guru Mata Pelajaran. Untuk kritik dan saran bisa anda sematkan di kolom komentar. Sekian dan Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...