Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2 Semua Tema
Selasa, November 14, 2017
Berkas Sekolah - Kali ini kami bagikan Buku Semester 2 untuk Pegangan Guru dan Pegangan Siswa SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017 Terbaru dalam Format PDF Download Gratis Disini Sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di kelas terutama dijadikan buku sumber belajar sesuai dengan yang tertera di RPP Kelas 4 K13 Revisi 2017.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:
Karena Buku ini tidak diperjualbelikan yang tercantum dalam Mukadimah, maka ini bisa di Download saja untuk dicetak dan dipergunakan sendiri di Sekolah.
Buku Teks Pelajaran yang kami bagikan ini gratis dan tanpa biaya seperpun. Anda hanya tinggal Download, Cetak dan Bagikan jika perlu untuk Guru dan Siswa sebanyak yang dibutuhkan sambil menunggu Distribusi dan Pesanan Sekolah ke Pihak Percetakan karena ini terbilang baru beredar dalam bentuk SOftCopy.
Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2 Semua Tema
Kata Pengantar Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.
Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.
Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.
Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam penyempurnaan buku ini. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih berkualitas.
Tentang Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi:- jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran,
- kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir,
- pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif,
- berbagai teknik penilaian peserta didik,
- informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan,
- kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberi kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah, dan petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi:
- membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya,
- menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan),
- memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari,
- memberi tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep,
- memberi tugas yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi,
- memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari, dan
- memberi umpan balik yang akan memperkuat pemahaman peserta didik.
Bagaimana Menggunakan Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2
Buku Panduan Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku peserta didik dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memerhatikan hal-hal sebagai berikut.- Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
- Pahamilah setiap Kompetensi Dasar yang terkait dengan tema.
- Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
- Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
- Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku peserta didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
- Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, peserta didik tidak dapat mengamati tanaman di luar kelas pada waktu hujan).
- Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya peserta didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan peserta didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
- Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM),b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi,c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
- Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
- Pada semester II terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
- Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
- Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian peserta didik.
- Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum.Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
- Buku peserta didik dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
- Hasil karya peserta didik dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio peserta didik.
- Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
- Libatkan semua peserta didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap peserta didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar peserta didik serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar peserta didik, sangat dibutuhkan.
- Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Karena Buku ini tidak diperjualbelikan yang tercantum dalam Mukadimah, maka ini bisa di Download saja untuk dicetak dan dipergunakan sendiri di Sekolah.
Buku Pegangan Guru Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Buku Guru Tema 6 Cita-citaku
- Buku Guru Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
- Buku Guru Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
- Buku Guru Tema 9 Kayanya Negeriku
- Buku Siswa Tema 6 Cita-citaku
- Buku Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
- Buku Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
- Buku Siswa Tema 9 Kayanya Negeriku
Demikianlah kiranya berbagi Buku Guru dan Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2 Semua Tema Pembelajaran. Semoga bermanfaat.