Proram Kerja PAS Penilaian Akhir Semester 2018-2019

Berikut ini adalah Contoh Program Kerja Penilaian Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2018-2019 dalam format word yang bisa di Unduh Gratis terutama untuk Panitia Ujian di Sekolah jenjang SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK dan MA.

Proram Kerja PAS Penilaian Akhir Semester 2018-2019

Proram Kerja Penilaian Akhir Semester yang kami bagikan ini semoga menjadi contoh atau referensi dalam pembuatan dan penyusunan Rencana Kerja Kegiatan yang baik dan benar sesuai dengan kebutuhan di sekolah baik semester 1 ataupun semester 2.

Selain itu ini juga bisa diterapkan dalam kegiatan lainnya seperti UTS, UAS, UKK, US/M dan UN karena memang secara keseluruhan Subtansi Isi dari Program Kerja ini sesuai, yang membedakan yakni Para Anggota Kepanitiaan, Rencana dan Anggaran Biaya (RAB) dan Nama Kegiatan itu sendiri.

Contoh Proram Kerja PAS Penilaian Akhir Semester 2018-2019

1.1   Latar Belakang
Sekolah adalah lembaga formal yang memikul tugas melaksanakan seluruh aktivitas pendidikan, disamping organisasi pendidikan yang lain, eksistensi sekolah sangat dominan karena memungkinkan pelaksanaan pendidikan yang terarah, terkontrol dan teratur.

Sekolah merupakan lembaga pelaksanaan kurikulum yang mengimplementasikan dalam bentuk program kurikuler yang kemudian diaktualisasikan dalam langkah-langkah instruksional. Evaluasi merupakan bagian integral dan proses instruksional yang dapat diteliti, dikaji dan dinilai tingkat keberhasilannya secara luas dan menyeluruh. Evaluasi sangat penting dilaksanakan untuk mengetahui kualifikasi lembaga (instruksional kontrol). Demikian juga program dan proses instruksional serta prestasi peserta didik dapat diketahui melalui proses evaluasi. Melalui proses ini kita dapat mengetahui berbagai informasi berupa indicator-indikator yang kemudian dapat dijadikan umpan balik (feedback) oleh seluruh elemen pada lembaga yang bersangkutan.

Evaluasi juga memungkinkan kita mengetahui kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta didik, mengetahui tingkat kualifikasi dan produktifitas lembaga, mengetahui tingkat daya serap peserta didik, mengetahui tinggi rendahnya prestasi peserta didik, mengetahui layak dan tidaknya peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Secara gambling Cronbach mengemukakan pendapatnya, seperti yang dikutip Drs. Jenal Arifin (1988: 4), manfaat prestasi belajar peserta didik sebagai indikator bagi hal-hal :
  1. Umpan balik paling aktual bagi pendidikan
  2. Keperluan diagnostik
  3. Keperluan bimbingan dan penyuluhan
  4. Keperluan seleksi
  5. Keperluan penempatan dan penjurusan
  6. Menentukan isi kurikulum
  7. Menentukan kebijakan sekolah
Agar proses evaluasi berlangsung dengan optimal, efektif dan efisien, evaluasi harus dilakukan secara terarah dan terkoordinir dengan baik. Hal ini pula yang melatarbelakangi sebuah program kerja operasional pada kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) I tahun pembelajaran 2018/2019.

1.2   Pengertian
Evaluasi memacu pada suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai sesuatu yang harus dilakukan atas dasar objektifitas dan integritas penyelenggaraannya. Evaluasi harus merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam jangka waktu yang saling berkaitan. Memberi nilai atau penghargaan hanyalah suatu moment dalam rangka proses evaluasi pendidikan.

Penilaian Akhir Semester (PAS) I  tahun pembelajaran 2018/2019 adalah tahap akhir dari seluruh rangkaian penilaian terhadap proses instruksional selama dua semester. Kegiatan ini bukan saja secara baku dilakukan setiap akhir semester sesuai dengan program kurikuler, melainkan benar-benar diperlukan untuk menilai keberhasilan program yang dilaksanakan dua semester kebelakang. Disamping itu kegiatan ulangan umum dilakukan sebagai upaya pengukuran dan penilaian prestasi belajar peserta didik sehingga dapat ditentukan kelayakannya untuk naik atau tinggal kelas secara objektif.

Supaya makin jelas dan lengkap, silahkan lihat dahulu melalui preview dibawah ini atau langsung saja dapatkan Gratis melalui tautan link dibawahnya


Download File :
Program Kerja Penilaian Akhir Semester Tahun 2018-2019.docx Unduh
Program Kerja PAS (Penilaian Akhir Semester) Tahun Ajar 2018-2019.doc Unduh
Itulah kiranya informasi dan berbagi file mengenai Proram Kerja PAS Penilaian Akhir Semester 2018-2019 semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...