JUKNIS Lomba INOBEL GURU SMP Tahun 2019


JUKNIS Lomba INOBEL GURU SMP Tahun 2019 - Pendidikan abad 21 menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang memiliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif, dan mampu berkolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dalam memfasilitasi peserta didik memiliki kemampuan tersebut. Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).

Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelaj aran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran .

JUKNIS Lomba INOBEL GURU SMP Tahun 2019 ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi , Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SMP secara efektif dan efisien.

Ruang lingkup kegiatan Perlombaan Kary Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2019 berisi tentang pengalaman pembelajaran/layanan terbaik yang merupakan hasil inovasi/hal -hal baru/pembaruan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Hasil inovasi dituangkan dalam bentuk naskah yang dikirim dalam jaringan (daring) melalui laman https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id. Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran ini ditujukan untuk guru dalam tiga bidang , yaitu :
  1. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan Kode MIPA
  2. Ilmu Pengetahuan Sosoal (IPS), PKn, Bahasa termasuk Muatan Lokal bahasa Daerah Menggunakan Kode IPSPB
  3. Pendidikan Agama dan Budi Pekeri, Seni Budaya, PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan), BK (Bimbingan Konseling)n atau Mata Pelajaran lainnya menggunakan Kode PASOPIMBK.
Tema Lomba INBOBEL Guru SMP Tahun 2019

Terna Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingk:at Nasional Tahun 2019: "/novasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dan Era Revolusi Industri 4.0."

Adapun isi karya perlombaan inovasi pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, model, strategi, metode, teknik dan media pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling.

Lebih jelas dan lengkapnya lagi, bisa dilihat melalui preview dibawah ini ;

Tampilan JUKNIS LOMBA INOBEL GURU SMP 2019


Itulah kiranya preview dari file yang dibagikan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;
SIMPAN JUKNIS LOMBA INOBEL GURU SMP 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...