Buku Agama Khonghucu Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2

Berkas Sekolah - Buku Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas VIII (8) SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 untuk pegangan Guru dan Siswa dalam membantu Proses Kegiatan Belajar mengajar sebagai Buku Sumber Teks Pelajaran.

Buku Teks Pelajaran ini semoga menjadi solusi bagi sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 terutama bila memang di sekolah belum membeli dari Percetakan yang sudah ditetapkan pemerintah, terlebih digunakan dalam KBM menggunaan fasilitas komputer.

Buku Agama Khonghucu Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2

Buku Agama Khonghucu Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2

Belajar bukan sekedar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah serta mengubah keadaan. Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan peserta didik berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga pembentukan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Pembelajaran agama diharapkan tak hanya menambah wawasan keagamaan, tapi juga mengasah “keterampilan beragama” dan mewujudkan sikap beragama peserta didik. Tentu saja sikap, beragama yang utuh dan berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya dan hubungan manusia dengan sesama dan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti yang luhur, antara lain: kesantunan dalam berinteraksi, kejujuran, kasih sayang, kebersihan, kedisiplinan, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Sekedar contoh, di antara nilai budi pekerti dalam ajaran Khonghucu dikenal Wu Chang (lima sifat kekekalan/mulia), Wu Lun (lima hubungan sosial), dan Ba De (delapan kebajikan). Mengenai Wu Chang, Kongzi menegaskan bahwa siapa dapat memasukkan lima hal ke dalam kebiasaan dimanapun di bawah langit akan menjadi orang yang berbudi luhur. Saat ditanya apa saja kelima hal tersebut, ia menjawab, “Kesopanan, rendah hati, kesetiaan, ketekunan, dan kebaikan hati”. Bila kamu berlaku sopan, kamu tidak akan dihina; bila kamu rendah hati, kamu akan memenangkan orang banyak; bila kamu setia, orang lain akan mempercayaimu; bila kamu tekun, kamu akan berhasil; dan bila kamu baik hati, kamu akan memimpin orang lain.” (A 17.6)

Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi guru untuk berkreasi dan memperkayanya dengan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan, yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Gratis Buku Kurikulum 2013 revisi 2017 Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas VIII (8)



Download File :
  • Buku Guru Agama Khonghucu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017  Kelas 8 Download
  • Buku Siswa Agama Khonghucu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017 Kelas 8 Semester 1 dan 2 Download

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...