Akreditasi SD MI Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap sesuai SISPENA BAN-SM
Senin, Juli 30, 2018
Akreditasi SD MI Bukti Fisik Standar Kompetensi Lulusan Lengkap sesuai SISPENA BAN-SM
Kembali bejumpa dengan Berkas Sekolah yang pastinya ingin menuntaskan pembahasan mengenai Instrumen Akreditasi dan Bukti Fisik Akreditasi Standar Isi, Proses, SKL, PTK, Sapras, Pengelolaan, Pembiayaan dan Penilaian di urai langsung dari Aplikasi Online SISPENA dari BAN-SM.
Untuk yang belum mendapatkan Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Standar Isi dan Proses silahkan ikuti link berikut ini :
- Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Standar Isi berikut penjelasan dan filenya KLIK DISINI
- Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Standar Proses berikut penjelasan dan filenya KLIK DISINI
Kali ini mencoba menguraikan apa yang ada di Aplikasi SISPENA dan dilengkapi dengan jawaban serta bukti fisik yang harus dilengkapi bahkan harus dibuat bapak dan ibu.
Untuk Standar Kompetensi Lulusan ada 7 Instrumen yang harus dilengkapi dari urutan nomor 32, 33, 34, 35, 36, 37, dan 38. Ini sudah disesuaikan dengan JUKNIS Akreditasi Terbaru Tahun 2018.
Sekolah/madrasah memfasilitasi berbagai kegiatan untuk memotivasi siswa agar memiliki perilaku dan mengembangkan sikap orang beriman melalui pembiasaan (budaya sekolah) dalam menghargai dan menghayati sesuai dengan ajaran agama yang dianut, meliputi:
Karakter Jujur dan Bertanggungjawab:
Karakter Peduli:Untuk Standar Kompetensi Lulusan ada 7 Instrumen yang harus dilengkapi dari urutan nomor 32, 33, 34, 35, 36, 37, dan 38. Ini sudah disesuaikan dengan JUKNIS Akreditasi Terbaru Tahun 2018.
Instrumen Nomor 32 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, sesuai dengan perkembangan siswa yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran melalui pembiasaan: (1) integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran, (2) berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan, (3) santun dalam berbicara dan berperilaku, (4) Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah, (5) mengucapkan salam saat masuk kelas, (6) melaksanakan kegiatan ibadah, (7) mensyukuri setiap nikmat yang diperoleh, (8) menumbuhkan sikap saling menolong/ berempati, (9) menghormati perbedaan, (10) antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah/madrasah.
Sekolah/madrasah memfasilitasi berbagai kegiatan untuk memotivasi siswa agar memiliki perilaku dan mengembangkan sikap orang beriman melalui pembiasaan (budaya sekolah) dalam menghargai dan menghayati sesuai dengan ajaran agama yang dianut, meliputi:
- Integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran.
- Berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan.
- Santun dalam berbicara dan berperilaku.
- Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah.
- Mengucapkan salam saat masuk kelas.
- Melaksanakan kegiatan ibadah.
- Mensyukuri setiap nikmat yang diperoleh.
- Menumbuhkan sikap saling menolong/berempati
- Menghormati perbedaan
- Antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah/madrasah
- Program sekolah/madrasah melalui Rencana Kerja dan Pelaksanaan Program.
- Foto-foto kegiatan yang mencerminkan sikap religius siswa.
- Observasi lingkungan tentang aktivitas yang dilakukan oleh siswa baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
- Wawancara dengan kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan komite sekolah/madrasah.
- Program Kerja Tahunan (RKT) Sekolah DOWNLOAD
Instrumen Nomor 33 Standar Kompetensi Lulusan Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sosial dengan karakter: (1) jujur dan bertanggung jawab, (2) peduli, (3) gotong-royong dan demokratis, (4) percaya diri, (5) nasionalisme yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaanSekolah/madrasah memfasilitasi berbagai kegiatan untuk menumbuhkan sikap sosial dengan karakter jujur dan bertanggungjawab, peduli, gotong-royong dan demokratis, percaya diri, serta nasionalisme:
Karakter Jujur dan Bertanggungjawab:
- Melaksanakan tugas individu dengan baik
- Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan
- Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
- Menepati janji
- Menumbuhkan sikap saling menolong antarsesama: membantu orang yang membutuhkan, menjenguk dan mendoakan orang yang sakit, dan lain-lain.
- Menumbuhkan sikap sadar lingkungan bersih dan sehat: membuang sampah pada tempatnya, memungut sampah yang dijumpai; menghemat penggunaan air dan listrik, penghijauan di lingkungan sekolah/madrasah, dan lain-lain.
Karakter Gotong Royong dan Demokratis:
- Melaksanakan kegiatan bersama-sama antara lain: Penataan ruang kelas, bakti sosial, bank sampah yang bekerja sama dengan pihak terkait;
- Aktif dalam diskusi kelompok, pengembangan bakat, dan minat siswa;
- Mengikutsertakan siswa dalam penyusunan tata tertib sekolah/madrasah;
- Mampu membuat keputusan dan bertindak dengan cepat
- Tidak mudah putus asa
- Berani presentasi, menjawab pertanyaan, berpendapat, dan bertanya dalam berbagai kesempatan
- Menghargai dan menjaga keragaman dan kekayaan budaya bangsa
- Rela berkorban
- Disiplin dan taat hukum
- Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan.
- Dokumentasi kegiatan.
- Jurnal siswa dan guru.
- Observasi aktivitas siswa terkait dengan pengembangan karakter.
- Wawancara dengan guru kelas dan siswa.
- Jurnal Siswa SD/MI Download DISINI
Download Jurnal Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Dibuktikan dengan Dokumen:
- Jurnal Pelaksanaan Pembelajaran K13 Revisi Kelas 1 SD Tema 5
- Jurnal Pelaksanaan Pembelajaran K13 Revisi Kelas 1 SD Tema 6
- Jurnal Pelaksanaan Pembelajaran K13 Revisi Kelas 1 SD Tema 7
- Jurnal Pelaksanaan Pembelajaran K13 Revisi Kelas 1 SD Tema 8
Instrumen Nomor 34 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat sesuai dengan perkembangan anak, yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah/madrasah, meliputi: (1) perencanaan dan penilaian program literasi, (2) waktu yang cukup untuk kegiatan literasi, (3) membaca buku, (4) lomba terkait literasi, (5) memajang karya tulis, (6) penghargaan berkala untuk siswa, (7) pelatihan literasi.Sekolah/madrasah memiliki program gerakan literasi yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat diwujudkan dalam aktivitas pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, melalui pembiasaan program tersebut, meliputi :
- Perencanaan dan penilaian program literasi
- Disediakan waktu yang cukup untuk kegiatan literasi.
- Membaca/menulis buku dan bacaan lainnya di ruang baca/pojok baca/tempat yang tersedia.
- Menyelenggarakan lomba yang terkait dengan literasi
- Memajang karya tulis siswa (berupa puisi, artikel, biografi, sejarah, dan lain-lain) dan merotasi secara berkala.
- Penghargaan terhadap prestasi siswa secara berkala.
- Pelatihan tentang literasi
- Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan literasi.
- Dokumentasi kegiatan.
- Observasi aktivitas siswa terkait dengan pelaksanaan gerakan
- Wawancara dengan kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan komite sekolah/madrasah.
- Download Buku Panduan Gerakan Literasi SD/MI
- Contoh Program Literasi Sekolah Rancangan Seimbang Strategi Pembelajaran
Instrumen Nomor 35 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani melalui keterlibatan dalam kegiatan kesiswaan, berupa: (1) olahraga, (2) seni, (3) kepramukaan, (4) UKS, (5) keagamaan, (6) lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohaniUntuk memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani, setiap siswa terlibat dalam seluruh kegiatan baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler melalui kegiatan kesiswaan, berupa:
- Olah raga
- Seni
- Kepramukaan
- UKS
- Keagamaan
- Lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani
- Program, laporan, dan dokumentasi kegiatan kesiswaan
- Kehadiran siswa dalam pembelajaran
- Kegiatan ekstrakurikuler wajib maupun pilihan
- Prestasi dalam bidang olah raga dan seni
- Catatan perkembangan siswa dari guru PJOK, wali kelas, dan kepala sekolah/madrasah
- Observasi lingkungan sekolah yang meliputi kantin, UKS, dan aktivitas lain yang relevan.
- Download Aplikasi
Instrumen Nomor 36 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memiliki pengetahuan: (1) faktual, (2) konseptual, (3) prosedural, (4) metakognitif dalam setiap tema sesuai dengan pembelajaran tematik terpaduPengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
Dibuktikan dengan Dokumen:
- Silabus setiap mata pelajaran
- RPP setiap mata pelajaran
- portofolio dan laporan kegiatan
- penilaian
- Observasi:
- proses kegiatan pembelajaran di kelas atau di luar kelas
- Sarana dan prasarana yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran
Instrumen Nomor 37 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi: (1) kegiatan yang menunjukkan keberagaman budaya, (2) peringatan hari-hari besar, (3) peringatan hari-hari besar agama, (4) pentas seni budaya, (5) bulan bahasaSekolah/madrasah memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi:
- kegiatan yang menunjukkan keberagaman budaya
- peringatan hari-hari besar
- peringatan hari-hari besar agama
- pentas seni budaya
- bulan bahasa
- Program sekolah
- Laporan pelaksanaan kegiatan seni dan budaya lokal.
- Observasi Proses pembelajaran kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Instrumen Nomor 38 Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa: (1) bahan ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) alat peraga, (5) internet.Sekolah/madrasah memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa:
- Bahan ajar
- Buku teks
- Perpustakaan
- Alat peraga
- Internet
- RPP yang memuat penugasan individu dan kelompok
- Laporan tugas dan kegiatan oleh siswa
- Bahan dan alat Peraga (Lab Komputer, Lab Bahasa, Lab IPA)
- Observasi proses pembelajaran di dalam dan luar kelas
- Program Kerja LAB IPA Sekolah DOWNLOAD
- Program Kerja LAB Komputer Sekolah DOWNLOAD
- Program Kerja Perpustakaan Sekolah DOWNLOAD
- Program Kerja Kesenian di Sekolah Download
- Program Kerja LAB Bahasa Asing DOWNLOAD