Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Berikut ini kami bagikan Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 dalam format Word ektensi DOCS yang bisa didapatkan secara Gratis.



Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 - Menjelang dimulainya tahun pelajaran baru 2019/2020, apakah bapak/ibu Guru sudah melengkapi Administrasi Guru atau Perangkat Pembelajaran untuk 1 tahun Pelajaran terutama dalam mendapatkan Silabus!!

Bapak/Ibu Guru pastinya sudah mengetahui bahwa silabus ini nantinya digunakan sebagai acuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Maka dari itu dalam mencari silabus harus benar-benar sesuai/ valid keabsahannya.

Kebetulan sekali kami dapatkan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan kembali dibagikan supaya lebih mudah didapatkan terutama bagi sekolah jenjang SMA sederajat (MA, SMK dan MAK) yang masih menyelenggarakan Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Jawa/ Madura.

Selain karena hal untuk dijadikan/ dikembangkan menjadi RPP, ini pastinya untuk melengkapi Perangkat Pembelajaran atau Administrasi Guru Kurikulum 2013 dalam 1 tahun pelajaran serta nantinya bisa digunakan menjadi salah satu Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Standar Isi dan Proses.

Adapun Sekilas isi dari Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 sebagai berikut :

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
1.1        Menghargai dan men-syukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta untuk melestarikandan mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan Nasional.
1.1.1            Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan






1.1.2            Memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran






ü  Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :

ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran
ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran

Penilaian diri :
ü  Peserta didik menilai diri sendiri dalam hal penyelesaian pekerjaan dengan jujur.

Jurnal:

ü  Catatan guru tentang ketepatan waktu menyelesaikan hasil berkaitan artikel oleh peserta didik

6 jp
Tatabahasa Baku Bahasa Jawa/Madura

Kamus Bahasa Jawa/Madura

Majalah Barbahasa Jawa/Madura

2.1       Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah untuk menunjukkan tahapan dan langkah kegiatan yang telah ditentukan.
2.1.1            Membuat tanggapan dengan sunghuh-sungguh

2.1.2            Menyelesaikan tugas tepat waktu


3.1     Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks nonsastra (berita, artikel, laporan, dan lainnya) secara lisan dan tulis.


4.1       Menginterpretasi, menanggapi dan mengekspresikan isi teks nonsastra secara lisan dan tulis.

3.1.1 Menjelaskan struktur artikel.
3.1.2       Menjelaskan jenis artikel.
3.1.3       Menganalisis isi artikel.



4.1.1       Membaca ekspresif teks artikel.
4.1.2       Meringkas artikel
4.1.3       Menanggapi isi artikel.
4.1.4       Menulis artikel sederhana








·         Teks artikel
·         Struktur artikel
·         Jenis artikel
·         isi artikel


·         Teknik membaca ekspresi
·         Teknik meringkas
·         Teknik menulis artikel
Mengamati:
Ø  Peserta didik membaca artikel
Ø  Peserta didik mencermati struktur artikel.
Ø  Peserta didik mencermati jenis artikel.
Ø  Peserta didik mencermati isi artikel

Menanya :
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang struktur artikel
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang jenis artikel
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang isi artikel

Mengumpulkan informasi :
ü  Peserta didik mencari informasi tentang struktur artikel dari berbagai sumber.
ü  Peserta didik mencari informasi tentang jenis artikel dari berbagai sumber.
ü  Peserta didik mendiskusikan isi artikel dari berbagai sumber.

Mengasosiasi
Ø  Peserta didik membandingkan jenis artikel dari berbagai sumber.
Ø  Peserta didik menyimpulkan isi artikel.

Mengomunikasikan:
Ø  Peserta didik menyampaikan tanggapan tentang isi artikel.
Ø  Peserta didik membaca ekspresif artikel.

Penugasan:
ü   Peserta didik ditugasi mencermati teks artikel dan diberi tugas individual untuk menemukan struktur, jenis dan isi artikel

Portofolio :
ü   Menilai kumpulan artikel hasil pekerjaan peserta didik

Tes Tulis :
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam menulis tanggapan tentang struktur, jenis, dan isi artikel.

Tes Praktik:

ü  Membaca ekspresif artikel.


2
1.2       Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan mengunakannya sesuai kaidah dalam konteks kebhinekaan











1.2.1            Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

1.2.2            Memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran.





ü  Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4








Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.

ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.

Penilaian Diri :
ü  Peserta didik menilai diri sendiri tentang kejujurannya dalam mengungkapan perasaan
Jurnal :
ü  Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran

Buku Kasusastran Jawa/Madura

Buku Kawruh Basa Jawa/Madura
2.2        Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah untuk menunjukkan tahapan dan langkah kegiatan yang telah ditentukan.
2.2.1            Mengungkapkan perasaan apa adanya.
2.2.2            Menyelesaikan tugas tepat waktu


3.2         Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis unsur intrinsik maupun ekstrinsik teks sastra klasik dan modern secara lisan dan tulis.

















4.2 Menginterpretasi, menanggapi dan mengekspresikan teks sastra modern dan klasik (wayang / topѐng ḍhâlâng) sesuai isi secara lisan dan tulis.


3.2.1 Menganalisis unsur intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.2       Menganalisis unsur ekstrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.3       Menganalisis relevansi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng dengan zaman sekarang











4.1.1       Menceritakan isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
4.1.2       Menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
4.1.3       Membaca indah teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng

·         Teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·         Unsur intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·         Unsur ekstrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·         Relevansi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng dengan zaman sekarang

·       Deskripsi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng


·       Teknik membaca indah teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng.
Mengamati:
Ø  Peserta didik menyimak tayangan cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik mencermati unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik mencermati unsur ekstrinsik dan ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik mencermati relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng

Menanya
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang unsur ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng

Mengumpulkan informasi :
Ø   Peserta didik mencari informasi tentang unsur instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Ø   Peserta didik mencari informasi tentang unsur ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Ø   Peserta didik mencari informasi tentang relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi

Mengasosiasi :
Ø  Peserta didik menganalisis unsur intrinsik teks cerita wayang /topѐng ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø  Peserta didik menganalisis unsur ekstrinsik teks cerita wayang /topѐng ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø  Peserta didik menghubungkan relevansi cerita wayang dengan kehidupan zaman sekarang

Mengomunikasikan:
Ø  Peserta didik menceritakan isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik membaca indah teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlângdi depan kelas secara bergiliran

Tes Tulis :
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng


Penugasan :
ü  Menulis ringkasan teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng


Tes Praktik
ü   Membaca indah teks dialog dalam cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng

ü   Menceritakan isi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng


6 jp

3
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis.
1.2.3            Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan




1.2.4            Memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran





ü  Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü  Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.

ü  Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.



2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa daerah dalam konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik.
2.4.1 Tidak berkata-kata kotor
2.4.2 Tidak menyela pembicaraan.
2.4.3 Aktif dalam kerja kelompok
·         Terintegrasi dalam materi pada KD 3 dan KD 4



ü  Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Jurnal :
ü Catatan guru tentang kesantunan siswa dalam pembelajaran
6 jp
Buku tentang Drama Bebahasa Jawa/Madura

Buku Kasusastran Jawa/Madura

3.3     Memahami karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran, dialog, dan berdiskusi sesuai dengan tatakrama.







4.3 Bermain peran, berdialog, atau berdiskusi sesuai tatakrama


3.3.1        Mengidentifikasi ciri ragam bahasa lisan dalam teks bermain peran.

3.3.2        Menganalisis karakteristik bahasa lisan dalam bermain peran



4.3.1 Membaca naskah sesuai dengan peran dalam teks

4.3.2 Memperagakan peran sesuai karakter tokoh dalam teks.

4.3.3 Menyusun teks drama sederhana.



ü  Teks drama.
ü  Ragam bahasa lisan
ü  Karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran.


ü  Teknik membaca naskah drama.
ü  Teknik bermain peran.
ü  Teknik menulis naskah drama.



Mengamati:
Ø  Peserta didik mengamati pemodelan bermain peran.
Ø  Peserta didik mencermati karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran

Menanya
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran

Mengumpulkan informasi :
Ø   Peserta didik mencari informasi tentang karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran melalui kerja kelompok
Ø   Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran.
Mengasosiasi
Ø  Peserta didik menganalisis ragam bahasa dalam teks drama.
Ø  Peserta didik menghubungkan peran dengan ragam bahasa yang digunakan.

Mengomunikasikan:

Ø  Peserta didik membaca ekspresif naskah drama.
Ø  Peserta didik memperagakan naskah drama.
Ø  Peserta didik menulis naskah drama.

Penugasan :
ü  Menulis naskah drama.

Tes Tulis :
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, karakterisitik bahasa lisan dalam teks bermain peran.
Tes Praktik :
ü  Membaca ekspresif naskah drama.
ü  Bermain peran.
Portofolio :
Kumpulan hasil karya peserta didik berupa naskah drama.

4
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dan memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis.
1.3.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan







1.3.2 Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran


ü  Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü  Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü  Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.

Jurnal :
ü  Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam pembelajaran.


2.4     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa daerah dalam konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik.
2.4.1            Tidak menyontek dalam mengerjakan tugas
2.4.2            Tidak menjadi plagiator
2.4.3            Mengerjakan tugas tepat waktu


Penilaian Diri :
ü Daftar isian dari peserta didik tentang kejujuran dan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas


3.5 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah.










4.5 Menyusun paragraf menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah .


3.5.1 Menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam wacana
3.5.2         Mengelompokkan tata tulis aksara Jawa /carakan Madura sesuai dengan fungsinya.

4.5.1            Menulis kalimat menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah.
4.5.2            Menulis paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
4.5.3            Mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
ü  Teks beraksara Jawa /carakan Madura
ü  Tata tulis :
-        pada lingsa/lèngsa
-        pada lungsi/longsè
-        pada adeg-adeg/dhek-adhek.
-        pada pangkat/tanḍhȃ pangkat.
-        dll

ü  Fungsi tata tulis aksara Jawa /carakan Madura

·         Teknik menulis kalimat aksara Jawa /carakan Madura

·         Teknik menulis paragraf aksara Jawa /carakan Madura

·         Teknik mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura




Mengamati:
Ø   Peserta didik mencermati tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks
Ø   Peserta didik menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks

Menanya
Ø   Peserta didik bertanya jawab tentang tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura

Mengumpulkan informasi :
Ø   Peserta didik mencari informasi tentang tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura melalui kerja kelompok
Ø   Peserta didik mendiskusikan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Ø   Peserta didik berlatih mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah

Mengasosiasi
Ø   Peserta didik menganalisis penerapan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Ø   Peserta didik menyimpulkan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura sesuai dengan fungsinya

Mengomunikasikan:
Ø   Peserta didik mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura dan sebaliknya sesuai kaidah
Ø   Peserta didik menulis paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
Tes tertulis :
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan tata tulis aksara Jawa /carakan Madura

Penugasan:
ü  Menulis paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan Madura

Tes Praktik:
ü  Mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura dan sebaliknya sesuai kaidah


Portofolio :
ü  Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik berupa teks ber aksara Jawa/ carakan Madura


6 jp



Download Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013

Bagi Bapak/Ibu Guru Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Jawa yang membutuhkan file yang dibagikan Berkas Sekolah kali ini, bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link dibawah ini :


Preview Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013


Download File :
Link Download Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013
Demikianlah kiranya berbagi Informasi dan File Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013, semoga bermanfaat untuk siapa saja dimanapun berada. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...