Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013
Sabtu, Agustus 24, 2019
Berikut ini kami bagikan Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 dalam format Word ektensi DOCS yang bisa didapatkan secara Gratis.
Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 - Menjelang dimulainya tahun pelajaran baru 2019/2020, apakah bapak/ibu Guru sudah melengkapi Administrasi Guru atau Perangkat Pembelajaran untuk 1 tahun Pelajaran terutama dalam mendapatkan Silabus!!
Bapak/Ibu Guru pastinya sudah mengetahui bahwa silabus ini nantinya digunakan sebagai acuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Maka dari itu dalam mencari silabus harus benar-benar sesuai/ valid keabsahannya.
Kebetulan sekali kami dapatkan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan kembali dibagikan supaya lebih mudah didapatkan terutama bagi sekolah jenjang SMA sederajat (MA, SMK dan MAK) yang masih menyelenggarakan Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Jawa/ Madura.
Selain karena hal untuk dijadikan/ dikembangkan menjadi RPP, ini pastinya untuk melengkapi Perangkat Pembelajaran atau Administrasi Guru Kurikulum 2013 dalam 1 tahun pelajaran serta nantinya bisa digunakan menjadi salah satu Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Standar Isi dan Proses.
Adapun Sekilas isi dari Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 sebagai berikut :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
Download File :
Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 - Menjelang dimulainya tahun pelajaran baru 2019/2020, apakah bapak/ibu Guru sudah melengkapi Administrasi Guru atau Perangkat Pembelajaran untuk 1 tahun Pelajaran terutama dalam mendapatkan Silabus!!
Bapak/Ibu Guru pastinya sudah mengetahui bahwa silabus ini nantinya digunakan sebagai acuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Maka dari itu dalam mencari silabus harus benar-benar sesuai/ valid keabsahannya.
Kebetulan sekali kami dapatkan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan kembali dibagikan supaya lebih mudah didapatkan terutama bagi sekolah jenjang SMA sederajat (MA, SMK dan MAK) yang masih menyelenggarakan Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Jawa/ Madura.
Selain karena hal untuk dijadikan/ dikembangkan menjadi RPP, ini pastinya untuk melengkapi Perangkat Pembelajaran atau Administrasi Guru Kurikulum 2013 dalam 1 tahun pelajaran serta nantinya bisa digunakan menjadi salah satu Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Standar Isi dan Proses.
Adapun Sekilas isi dari Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 sebagai berikut :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
||||||
1.1
Menghargai dan men-syukuri
keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa
daerah, serta untuk melestarikandan mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan
pengembangan kebudayaan Nasional.
|
1.1.1
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2
Memberi
salam pada awal dan akhir pembelajaran
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati
sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi
salam pada awal dan akhir pembelajaran
Penilaian
diri :
ü Peserta didik
menilai diri sendiri dalam hal penyelesaian pekerjaan dengan jujur.
Jurnal:
ü Catatan guru tentang
ketepatan
waktu menyelesaikan hasil berkaitan artikel oleh peserta didik
|
6
jp
|
Tatabahasa
Baku Bahasa Jawa/Madura
Kamus
Bahasa Jawa/Madura
Majalah
Barbahasa Jawa/Madura
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan
bahasa daerah untuk menunjukkan
tahapan dan langkah kegiatan yang telah ditentukan.
|
2.1.1
Membuat
tanggapan
dengan sunghuh-sungguh
2.1.2
Menyelesaikan
tugas tepat waktu
|
|||||
3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis teks nonsastra (berita, artikel, laporan, dan lainnya) secara
lisan dan tulis.
4.1
Menginterpretasi,
menanggapi dan mengekspresikan isi teks nonsastra secara lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menjelaskan
struktur artikel.
3.1.2 Menjelaskan
jenis artikel.
3.1.3 Menganalisis
isi artikel.
4.1.1 Membaca
ekspresif teks artikel.
4.1.2 Meringkas
artikel
4.1.3 Menanggapi isi
artikel.
4.1.4 Menulis
artikel sederhana
|
·
Teks
artikel
·
Struktur
artikel
·
Jenis artikel
·
isi artikel
·
Teknik
membaca
ekspresi
·
Teknik
meringkas
·
Teknik
menulis artikel
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca artikel
Ø Peserta didik mencermati struktur
artikel.
Ø Peserta didik mencermati jenis artikel.
Ø Peserta didik mencermati isi artikel
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang struktur artikel
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang jenis artikel
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang isi artikel
Mengumpulkan informasi :
ü Peserta didik mencari informasi tentang struktur artikel dari berbagai sumber.
ü Peserta didik mencari informasi tentang jenis artikel dari berbagai sumber.
ü Peserta didik mendiskusikan isi artikel dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik membandingkan
jenis artikel dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik menyimpulkan isi artikel.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menyampaikan
tanggapan tentang isi artikel.
Ø Peserta didik membaca ekspresif artikel.
|
Penugasan:
ü Peserta
didik ditugasi mencermati teks artikel dan diberi tugas individual untuk
menemukan struktur, jenis dan isi artikel
Portofolio :
ü Menilai
kumpulan artikel hasil pekerjaan peserta didik
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan
peserta didik dalam menulis tanggapan tentang struktur, jenis, dan isi
artikel.
Tes Praktik:
ü Membaca ekspresif
artikel.
|
||
2
|
||||||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa daerah dan mengunakannya sesuai kaidah dalam konteks
kebhinekaan
|
1.2.1
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
1.2.2
Memberi
salam pada saat awal dan akhir pembelajaran.
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati
sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi
salam pada awal dan akhir pembelajaran.
Penilaian Diri :
ü Peserta didik menilai diri sendiri
tentang kejujurannya dalam mengungkapan perasaan
Jurnal :
ü Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran
|
Buku
Kasusastran Jawa/Madura
Buku
Kawruh Basa Jawa/Madura
|
||
2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan
bahasa daerah untuk menunjukkan
tahapan dan langkah kegiatan yang telah ditentukan.
|
2.2.1
Mengungkapkan
perasaan apa adanya.
2.2.2
Menyelesaikan
tugas tepat waktu
|
|||||
3.2
Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis unsur intrinsik maupun ekstrinsik teks sastra
klasik dan modern secara lisan dan tulis.
4.2
Menginterpretasi,
menanggapi dan mengekspresikan teks sastra modern dan klasik (wayang
/ topѐng ḍhâlâng) sesuai isi secara lisan dan tulis.
|
3.2.1 Menganalisis unsur
intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.2 Menganalisis unsur
ekstrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.3 Menganalisis
relevansi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng dengan zaman
sekarang
4.1.1 Menceritakan isi
cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
4.1.2 Menanggapi isi
cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
4.1.3 Membaca indah teks
dialog cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
|
·
Teks
cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
·
Unsur
intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·
Unsur
ekstrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·
Relevansi
isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng dengan zaman sekarang
· Deskripsi
isi cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
· Teknik membaca indah
teks dialog cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng.
|
Mengamati:
Ø Peserta didik menyimak tayangan
cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati unsur ekstrinsik dan ekstrinsik teks cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati relevansi teks cerita wayang/ topѐng
ḍhâlâng
Menanya
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang unsur ekstrinsik teks cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang relevansi teks cerita wayang/ topѐng
ḍhâlâng
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang unsur instrinsik
teks cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Ø Peserta didik mencari informasi tentang unsur ekstrinsik teks
cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Ø Peserta didik mencari informasi tentang relevansi teks cerita wayang/ topѐng
ḍhâlâng melalui diskusi
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis
unsur intrinsik teks cerita wayang /topѐng ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø Peserta didik menganalisis
unsur ekstrinsik teks cerita wayang /topѐng ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø Peserta didik menghubungkan
relevansi cerita wayang dengan kehidupan zaman sekarang
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menceritakan isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik menanggapi isi cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik membaca indah teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlângdi depan kelas
secara bergiliran
|
Tes Tulis :
ü Menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik teks
cerita wayang/ topѐng
ḍhâlâng
Penugasan :
ü Menulis ringkasan teks cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
Tes Praktik
ü Membaca
indah teks dialog dalam cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
ü Menceritakan isi teks
cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
|
6 jp
|
|
3
|
||||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis.
|
1.2.3
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.2.4
Memberi
salam pada saat awal dan akhir pembelajaran
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati
sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi
salam pada awal dan akhir pembelajaran.
|
|||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa daerah dalam konteks
komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan
kebijakan publik.
|
2.4.1 Tidak
berkata-kata kotor
2.4.2 Tidak
menyela pembicaraan.
2.4.3 Aktif
dalam kerja kelompok
|
·
Terintegrasi
dalam materi pada KD 3 dan KD 4
|
ü Terintegrasi dalam pembelajaran
pada KD 3 dan KD 4
|
Jurnal :
ü Catatan guru
tentang kesantunan siswa dalam pembelajaran
|
6 jp
|
Buku
tentang Drama Bebahasa Jawa/Madura
Buku
Kasusastran Jawa/Madura
|
3.3 Memahami karakteristik
bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran, dialog, dan berdiskusi sesuai
dengan tatakrama.
4.3 Bermain
peran, berdialog, atau berdiskusi sesuai tatakrama
|
3.3.1
Mengidentifikasi
ciri ragam
bahasa
lisan dalam
teks bermain peran.
3.3.2
Menganalisis
karakteristik bahasa
lisan dalam bermain peran
4.3.1 Membaca
naskah sesuai dengan peran
dalam teks
4.3.2 Memperagakan
peran sesuai karakter tokoh dalam teks.
4.3.3 Menyusun teks
drama sederhana.
|
ü Teks drama.
ü Ragam bahasa lisan
ü Karakteristik bahasa
lisan dalam kegiatan bermain peran.
ü Teknik membaca
naskah drama.
ü Teknik bermain
peran.
ü Teknik menulis
naskah drama.
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mengamati pemodelan bermain peran.
Ø Peserta didik mencermati karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain
peran
Menanya
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal
yang berhubungan dengan
karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang karakteristik bahasa lisan dalam
kegiatan bermain peran melalui kerja kelompok
Ø Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
bermain peran.
Mengasosiasi
Ø Peserta didik menganalisis ragam bahasa dalam teks drama.
Ø Peserta didik menghubungkan
peran dengan ragam bahasa yang digunakan.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik membaca ekspresif naskah drama.
Ø Peserta didik memperagakan naskah drama.
Ø Peserta didik menulis naskah drama.
|
Penugasan :
ü Menulis naskah drama.
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami, karakterisitik bahasa lisan dalam teks bermain
peran.
Tes Praktik :
ü Membaca ekspresif naskah drama.
ü Bermain peran.
Portofolio :
Kumpulan hasil karya peserta didik
berupa naskah drama.
|
||
4
|
||||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dan memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
dan tulis.
|
1.3.1 Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan kegiatan
1.3.2 Memberi salam pada saat
dan akhir pelajaran
|
ü Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati
sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi
salam pada awal dan akhir pembelajaran.
Jurnal :
ü Catatan guru
tentang perilaku peserta didik dalam pembelajaran.
|
|||
2.4
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa daerah dalam konteks
komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan
kebijakan publik.
|
2.4.1
Tidak
menyontek dalam mengerjakan tugas
2.4.2
Tidak
menjadi plagiator
2.4.3
Mengerjakan
tugas tepat waktu
|
Penilaian Diri :
ü Daftar isian dari peserta didik
tentang kejujuran dan
kedisiplinan
dalam mengerjakan tugas
|
||||
3.5 Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai
kaidah.
4.5 Menyusun
paragraf menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah .
|
3.5.1 Menandai tata tulis aksara Jawa /carakan
Madura dalam wacana
3.5.2
Mengelompokkan
tata tulis aksara Jawa /carakan Madura sesuai dengan fungsinya.
4.5.1
Menulis
kalimat menggunakan
aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah.
4.5.2
Menulis
paragraf menggunakan
aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
4.5.3
Mengalihtuliskan
paragraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura sesuai
kaidah
|
ü Teks beraksara
Jawa /carakan Madura
ü Tata tulis :
-
pada
lingsa/lèngsa
-
pada
lungsi/longsè
-
pada
adeg-adeg/dhek-adhek.
-
pada
pangkat/tanḍhȃ pangkat.
-
dll
ü Fungsi tata tulis aksara Jawa /carakan Madura
·
Teknik
menulis kalimat aksara Jawa /carakan Madura
·
Teknik
menulis paragraf aksara Jawa /carakan Madura
·
Teknik
mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mencermati tata tulis aksara
Jawa /carakan Madura dalam teks
Ø Peserta didik menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks
Menanya
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura melalui kerja kelompok
Ø Peserta didik mendiskusikan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Ø Peserta didik berlatih mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan
Madura sesuai kaidah
Mengasosiasi
Ø Peserta didik menganalisis penerapan tata tulis aksara
Jawa/ carakan Madura
Ø Peserta didik menyimpulkan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura sesuai dengan fungsinya
Mengomunikasikan:
Ø Peserta
didik mengalihtuliskan
paragaraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura dan
sebaliknya sesuai kaidah
Ø Peserta
didik menulis
paragraf menggunakan
aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
|
Tes tertulis :
ü Menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami dan menerapkan tata tulis aksara Jawa /carakan
Madura
Penugasan:
ü Menulis paragraf
menggunakan aksara Jawa /carakan Madura
Tes Praktik:
ü Mengalihtuliskan
paragaraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan Madura dan
sebaliknya sesuai kaidah
Portofolio :
ü Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik berupa teks
ber aksara Jawa/ carakan Madura
|
6 jp
|
Download Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013
Bagi Bapak/Ibu Guru Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Jawa yang membutuhkan file yang dibagikan Berkas Sekolah kali ini, bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link dibawah ini :
Preview Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013
Download File :
Link Download Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013Demikianlah kiranya berbagi Informasi dan File Silabus Bahasa Jawa Kelas 10 SMA Kurikulum 2013, semoga bermanfaat untuk siapa saja dimanapun berada. Terima Kasih.