Silabus Bahasa Jawa Kelas 11 Kurikulum 2013 SMA-MA-SMK-MAK
Senin, Agustus 26, 2019
Berikut ini kami bagikan Silabus Bahasa Jawa Kelas 11 Kurikulum 2013 SMA-MA-SMK-MAK dalam format Word ektensi DOCS yang bisa didapatkan secara Gratis.
Menjelang dimulainya tahun pelajaran baru 2019/2020, apakah bapak/ibu Guru sudah melengkapi Administrasi Guru atau Perangkat Pembelajaran untuk 1 tahun Pelajaran terutama dalam mendapatkan Silabus!!
Bapak/Ibu Guru pastinya sudah mengetahui bahwa silabus ini nantinya digunakan sebagai acuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Maka dari itu dalam mencari silabus harus benar-benar sesuai/ valid keabsahannya.
Kebetulan sekali kami dapatkan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan kembali dibagikan supaya lebih mudah didapatkan terutama bagi sekolah jenjang SMA sederajat (MA, SMK dan MAK) yang masih menyelenggarakan Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Jawa/ Madura.
Selain karena hal untuk dijadikan/ dikembangkan menjadi RPP, ini pastinya untuk melengkapi Perangkat Pembelajaran atau Administrasi Guru Kurikulum 2013 dalam 1 tahun pelajaran serta nantinya bisa digunakan menjadi salah satu Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Standar Isi dan Proses.
Adapun Sekilas mengenai isi dari Silabus Bahasa dan sastra Jawa Kelas 11 K13 SMA-MA-SMK-MAK sebagai berikut :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
Download File :
Menjelang dimulainya tahun pelajaran baru 2019/2020, apakah bapak/ibu Guru sudah melengkapi Administrasi Guru atau Perangkat Pembelajaran untuk 1 tahun Pelajaran terutama dalam mendapatkan Silabus!!
Bapak/Ibu Guru pastinya sudah mengetahui bahwa silabus ini nantinya digunakan sebagai acuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Maka dari itu dalam mencari silabus harus benar-benar sesuai/ valid keabsahannya.
Kebetulan sekali kami dapatkan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan kembali dibagikan supaya lebih mudah didapatkan terutama bagi sekolah jenjang SMA sederajat (MA, SMK dan MAK) yang masih menyelenggarakan Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Jawa/ Madura.
Selain karena hal untuk dijadikan/ dikembangkan menjadi RPP, ini pastinya untuk melengkapi Perangkat Pembelajaran atau Administrasi Guru Kurikulum 2013 dalam 1 tahun pelajaran serta nantinya bisa digunakan menjadi salah satu Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Standar Isi dan Proses.
Adapun Sekilas mengenai isi dari Silabus Bahasa dan sastra Jawa Kelas 11 K13 SMA-MA-SMK-MAK sebagai berikut :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
||||||
1.1
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah serta
melestarikan, mengembangkan budaya daerah sebagai upaya pembinaan dan pengembangan
kebudayaan Nasional.
|
1.1.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
1.1.3 Berkomunikasi
menggunakan bahasa daerah
|
Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü Observasi peserta
didik tentang kompetensi spiritual dan sosial yang berhubungan dengan
pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi
salam dan berkomunikasi
menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan
Jurnal
ü Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam
pembelajaran.
Penilaian Diri:
ü Penilaian peserta
didik terhadap kegiatannya berekspresi dan mengerjakan tugas tepat waktu.
Penilaian Antar Peserta
Didik:
ü Menilai penampilan
temannya dalam membaca indah teks geguritan/puisi.
|
o Buku ajar
kelas XI
o Majalah
berbahasa daerah
|
||
2.1 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa daerah untk
berekspresi.
|
2.1.1 Mengerjakan tugas
tepat waktu
2.1.2 Memiliki kemauan untuk
berekspresi diri
|
|||||
3.1 Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis teks drama, prosa atau puisi sesuai kaidah.
|
3.1.1Menganalisis struktur
teks geguritan/puisi
3.1.2Mengidentifikasi isi teks geguritan/puisi.
3.1.3Mengidentifikasi
pesan/amanat dalam teks
geguritan/puisi.
|
·
Teks
geguritan/puisi
·
Struktur
teks geguritan/puisi
·
Pesan/
amanat dalam
teks geguritan/puisi
·
Isi
teks geguritan/puisi.
|
Mengamati
Ø Peserta
didik mencermati isi teks geguritan/puisi yang dibaca oleh model.
Ø Peserta
didik mencermati struktur teks geguritan/puisi
Ø Peserta
didik mencermati pesan dalam teks geguritan/puisi.
Menanya
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks geguritan/puisi
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang isi teks geguritan/puisi teks geguritan/puisi
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang berbagai pesan/amanat dalam teks geguritan/puisi.
Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta
didik mencari teks geguritan/puisi dari berbagai sumber
Ø Peserta
didik mendiskusikan struktur teks geguritan/puisi
yang didengar.
Ø Peserta
didik mendiskusikan isi teks geguritan/puisi yang didengar.
Ø Peserta
didik mendiskusikan pesan/ amanat
yang ada dalam teks geguritan/puisi yang didengar.
Mengasosiasi
Ø Peserta
didik membandingkan isi teks geguritan/puisi yang didengar dengan teks
geguritan/puisi yang lain.
Ø Peserta
didik mengkritisi pembacaan teks
geguritan/puisi antar
kelompok
atau teman.
Mengomunikasikan
Ø Peserta
didik menandai jeda dan intonasi teks geguritan/puisi yang akan
dibaca.
Ø Peserta
didik membaca indah geguritan/puisi.
Ø Peserta
didik saling mengomentari pembacaan teks geguritan/puisi temannya.
|
Penugasan:
ü Memparafrase guritan/puisi
untuk dijadikan gancaran/prosa
Tes Tulis:
ü Menilai kemampuan
peserta didik tentang isi, pesan dan struktur guritan/puisi.
Portofolio :
ü Kumpulan hasil karya
peserta didik berupa geguritan/puisi yang
diprosakan.
Tes Praktik :
ü Membaca indah geguritan/puisi.
|
· Internet
· Media massa
· Buku-buku
kumpulan geguritan/puisi
|
|
4.1
Menginterpretasi, menanggapi dan memperagakan teks drama,
puisi, dan prosa sesuai isi dengan bahasa yang komunikatif.
|
4.1.1Memparafrase
teks geguritan/puisi.
4.1.2Memberi tanda jeda teks geguritan/puisi yang
akan dibacakan.
4.1.3Menandai
intonasi teks
geguritan/puisi yang
akan dibacakan
4.1.4Membaca indah teks geguritan/puisi.
4.1.5Menanggapi pembacaan teks geguritan/puisi.
.
|
·
Teknik
memparafrase
·
Teknik
memberi jeda
·
Teknik
menandai intonasi
·
Teknik
membaca indah
|
||||
2
|
||||||
1.4
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi
lisan dan tulisan untuk berbagai keperluan
|
1.4.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.4.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
1.4.3 Berkomunikasi
menggunakan bahasa daerah
|
Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü Observasi peserta
didik tentang kompetensi spiritual dan sosial yang berhubungan dengan
pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan
berkomunikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan
Penilaian Diri:
ü Peserta didik menilai
diri sendiri tentang keterlibatannya dengan kegiatan upacara adat dan budaya.
Penilaian Antar Peserta
Didik:
ü Menilai teman dalam
kegiatan mendemonstrasi-kan
kegiatan upacara adat.
Jurnal:
ü Catatan guru tentang
perilaku peserta didik selama dalam pembelajaran.
|
8
JP
|
||
2.4
Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya
budaya yang penuh makna.
|
2.4.1 Melibatkan diri dalam
berbagai kegiatan upacara adat.
2.4.2 Melestarikan budaya
daerah
|
|||||
3.2 Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis peristiwa budaya daerah sesuai dengan
karakteristiknya.
|
3.2.1Menyebutkan
macam-macam budaya daerah.
3.2.2Menyebutkan contoh budaya daerah yang
berupa kegiatan upacara adat setempat.
3.2.3Mengidentifikasi
karakteristik salah satu kegiatan upacara adat.
3.2.4Menganalisis struktur
kegiatan
upacara adat
sesuai karakteristik.
3.2.5Menjelaskan pesan
moral dalam upacara adat.
|
· Teks
kegiatan upacara adat
Misalnya: upacara
tedhak siten, labuh sembonya, bersih desa,pitonan, nyadran,
petik laut, ngundhuh mantu, dll.
· Karakteristik
upacara adat
· Struktur kegiatan
upacara adat.
· Pesan moral dalam
upacara adat.
|
Mengamati:
Ø
Peserta didik mencermati contoh tayangan
teks kegiatan upacara adat.
Ø
Peserta didik mencermati karakteristik
contoh teks kegiatan upacara adat.
Ø
Peserta didik mencatat/ menandai hal-hal penting yang
terkait dengan peristiwa budaya (upacara adat).
Menanya
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang contoh-contoh upacara adat.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang karakteristik upacara adat.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur upacara adat.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang pesan moral upacara adat.
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta
didik mencari informasi tentang upacara adat yang
ada di daerah dari berbagai sumber.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang karakteristik upacara adat yang ada di daerah.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang struktur upacara adat.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang pesan moral dalam upacara adat.
Mengasosiasi
Ø
Peserta
didik menganalisis karakteristik
beberapa upacara adat.
Ø
Peserta
didik menyimpulkan hal-hal penting dalam karakteristik upacara
adat.
Ø Peserta
didik berlatih menulis laporan kegiatan upacara adat.
Mengomunikasikan:
Ø
Peserta
didik menceritakan salah satu prosesi upacara adat.
Ø
Peserta
didik mengomentari pelaksanaan upacara adat.
Ø
Peserta
didik menulis laporan kerja kelompok tentang upacara adat.
Ø Peserta
didik mendemonstrasikan kegiatan upacara adat.
Ø Peserta
didik mengunggah hasil laporan ke media jejaring
sosial.
|
Tes tertulis :
ü Menilai kemampuan
peserta didik dalam memahami karakteristik upacara adat.
Penugasan:
ü Menyusun laporan
tanggapan kegiatan upacara adat.
ü Menyusun laporan
tentang kegiatan upacara adat .
Tes Praktik:
ü Mendemonstrasikan
kegiatan upacara adat secara berkelompok.
Portofolio :
ü Kumpulan pekerjaan
peserta didik tentang laporan kegiatan upacara adat.
|
·
|
|
4.2
Menanggapi peristiwa budaya daerah sesuai dengan
karakteristiknya.
.
|
4.2.1
Memberi
tanggapan tentang peristiwa budaya.
4.2.2
Menceritakan
kembali
kegiatan
upacara adat.
4.2.3
Mengomentari
kegiatan upacara
adat.
4.2.4
Menulis
laporan tentang
kegiatan
upacara adat.
4.2.5
Mendemonstrasikan
salah satu kegiatan upacara adat.
4.2.6
Mengunggah
laporan kegiatan upacara adat ke internet.
|
· Teknik memberi
tanggapan suatu peristiwa.
· Teknik bercerita
· Teknik mengomentari
· Teknik menulis laporan
· Teknik memperagakan/
mendemonstrasikan upacara adat
|
· Internet
· Media massa
· Buku-buku
berkaitan dengan budaya adat
· Buku-buku
berkaitan dengan Upacara adat
· Narasumber
|
|||
3
|
||||||
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan
menggunakan sesuai isi dalam konteks kebhinekaan.
|
1.1.1 Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
1.1.3 Berkomonikasi
menggunakan bahasa daerah
|
·
Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan
berkomonikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan
Penilaian Diri:
ü Peserta
didik menilai diri sendiri tentang kemampuannya berkomunikasi menggunakan
bahasa daerah secara santun.
Jurnal:
ü
Catatan
guru tentang peristiwa penting yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan
pembelajaran.
Penilaian
Antar Peserta Didik:
ü Menilai
teman ketika berpidato.
ü Menilai
teman ketika menjadi pewara.
|
12 JP
|
||
2.6
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa daerah untuk menyampaikan penjelasan.
|
2.6.1 Menggunakan
bahasa daerah dalam berkomonikasi secara santun
2.6.2 Mau membetulkan
kesalahan teman dalam berbahasa secara santun.
|
|||||
3.3 Mengidentifikasi,
memahami, menganalisis teks pewara atau pidato sesuai kaidah.
.
|
3.3.1 Mengidentifikasi
struktur teks pewara.
3.3.2 Menganalisis struktur
teks pewara
3.3.3 Mengidentifikasi struktur
teks pidato.
3.3.4 Menganalisis struktur
teks pidato.
3.3.5 Menganalisis perbedaan
unsur kebahasaan dalam teks pewara dan teks pidato.
3.3.6 Menjelaskan
kriteria menjadi pewara yang baik.
3.3.7 Menjelaskan kriteria
menjadi orator yang baik.
|
·
Teks
pewara (pranata adicara/ pangajhumma
partѐngkan)
·
Struktur
teks pewara.
·
Teks
pidato.
·
Struktur
teks pidato.
·
Kriteria
menjadi pewara (pangajhumma partѐngkan) dan orator yang baik.
·
Tugas
pewara (pangajhumma partѐngkan) dan orator
|
Mengamati
Ø Peserta
didik menyimak pemodelan tentang
pewara
.
Ø Peserta
didik menyimak contoh teks pidato.
Ø Peserta
didik mencermati perbedaan struktur
teks pewara dan teks pidato.
Menanya
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks pewara.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks pidato.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang unsur kebahasaan teks pewara dan teks pidato.
Ø Peserta
didik bertanya jawab ia menjadi pewara atau orator yang baik.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang teknik menjadi pewara.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang teknik menjadi orator.
Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta
didik mencari informasi tentang struktur
teks pewara dan teks pidato dari berbagai sumber.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang struktur teks pewara.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang struktur teks pidato.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang unsur kebahasaan teks pewara dan teks pidato.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang kriteria menjadi pewara atau orator yang baik.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang teknik menjadi pewara.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang teknik menjadi orator.
Mengasosiasi
Ø Peserta
didik membandingkan struktur teks pewara dengan teks pidato.
Ø Peserta
didik membandingkan ciri kebahasaan teks
pewara dengan teks pidato.
Ø Peserta
didik menyimpulkan kriteria menjadi pewara atau orator yang baik.
Mengomunikasikan
Ø Peserta didik membuat kerangka teks pewara
suatu kegiatan
Ø Peserta didik membuat
kerangka pidato.
Ø Peserta didik menulis
teks pewara
Ø Peserta didik menulis
teks pidato.
Ø Peserta didik
mempraktikkan diri menjadi pewara.
Ø Peserta didik
mempraktikkan menjadi orator dengan ragam bahasa sesuai tatakrama.
Ø Peserta didik lainnya
mengomentari penampilan temannya.
|
Tes Tulis :
ü Menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami struktur teks pewara.
ü Menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami struktur teks pidato.
Penugasan:
ü Menyusun kerangka teks
pewara suatu kegiatan.
ü Menyusun teks pewara
suatu kegiatan.
ü Menyusun kerangka teks
pidato suatu kegiatan.
ü Menyusun teks pidato
suatu kegiatan.
Portofolio :
ü Kumpulan pekerjaan
peserta didik berupa naskah pewara.
ü Kumpulan pekerjaan
peserta didik berupa naskah pidato.
Tes Praktik:
ü Menjadi pewara
dalam suatu kegiatan.
ü Menjadi orator atau berpidato dalam
suatu kegiatan.
|
· Internet
· Media massa
· Buku-buku
berkaitan pembawa acara
· VCD/rekaman
kegiatan
|
|
4.3
Menyajikan kegiatan sebagai pewara atau berpidato dengan
menggunakan tata krama sesuai dengan konteks budaya.
|
4.3.1 Membuat kerangka teks pewara
suatu kegiatan
4.3.2 Membuat kerangka teks
pidato.
4.3.3 Menulis teks pewara
4.3.4 Menulis teks pidato.
4.3.5 Praktik menjadi
pewara.
4.3.6 Praktik menjadi
orator.
|
·
Kerangka
teks pewara
·
Kerangka
teks pidato
·
Teknik
menulis teks pewara.
·
Teknik
menulis teks pidato
·
Teknik
pewara
·
Teknik
pidato
|
Download Silabus Bahasa Jawa Kelas 11 Kurikulum 2013 SMA-MA-SMK-MAK
Bagi Bapak/Ibu Guru Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Jawa yang membutuhkan file yang dibagikan Berkas Sekolah kali ini, bisa dengan mudah didapatkan melalui tautan link dibawah ini :
Preview File Silabus Bahasa Jawa SMA-MA-SMK-MAK Kelas 11 K13 Revisi
Download File :
Link Download Silabus Bahasa Jawa Kelas 11 Kurikulum 2013 SMA-MA-SMK-MAKDemikianlah kiranya berbagi Informasi dan File Silabus Bahasa Jawa SMA-MA-SMK-MAK Kelas 11 Kurikulum 2013 SMA-MA-SMK-MAK, semoga bermanfaat untuk siapa saja dimanapun berada. Terima Kasih.