Langkah Penulisan Soal HOts dan Contohnya

Langkah Penulisan Soal HOts dan Contohnya

Langkah Penulisan Soal HOts dan Contohnya - Pembelajaran dan penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi pada hakikatnya merupakan pembelajaran dan penilaian bermakna bukan sekadar menghapal karena pembelajaran dan penilaian ini memungkinkan peserta didik untuk dapat : 1) mentransfer, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimilikinya ke konteks yang baru atau cara yang lebih kompleks; 2) berpikir kritis, menerapkan pertimbangan yang bijaksana (wise judgement) atau menghasilkan kritik yang berdasar (reasoned critique); 3) menyelesaikan masalah, mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dalam kehidupannya.

Langkah Penulisan Soal HOTs

1. Menentukan kompetensi dasar dan materi yang akan dinilai
Pendidik harus menganalisis proses kognitif, dimensi pengetahuan, dan materi pada kompetensi dasar dalam kurikulum yang memungkinkan dapat dibuatkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.

2.Menyusun kisi-kisi
Pendidik harus memastikan seluruh komponen yang terdapat dalam kisi-kisi konsisten, selaras, dan dapat dibuatkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.

3.Merumuskan indikator soal
Untuk menghasilkan soal yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, rumusan indikator perlu memenuhi prinsip penilaian pada keterampilan ini yaitu perlunya stimulus, konteks baru, dan proses berpikir tingkat tinggi.

Konteks stimulus disarankan berkenaan dengan kehidupan nyata sehari-hari dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik. Stimulus yang kontekstual akan memudahkan peserta didik untuk mentransfer hal-hal yang telah dipelajari sehingga timbul sikap positif dan mengapreasiasi hal-hal yang telah dipelajari. Stimulus dengan konteks yang tidak sesuai dengan perkembangan peserta didik akan sulit dicerna sehingga tidak mendukung berkembangnya keterampilan berpikir tingkat tinggi.

4. Menulis soal sesuai dengan kaidah penulisan soal
Untuk memastikan kualitas soal sehingga memberi informasi yang valid, soal perlu memenuhi kaidah penulisan soal dari aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Prinsip ini sama dengan prinsip penulisan soal secara umum (kaidah penulisan soal dan contoh-contoh soal level 1, 2, dan 3 bisa dilihat pada buku Panduan Tes Tertulis. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah isu sensitif. Soal hendaknya tidak menyinggung suku, agama, ras, antargolongan, dan tidak mengandung unsur p0rn0grafi, politik praktis, kekerasan, dan komersialisasi produk.

Contoh Soal HOTs

Pada bagian ini disajikan contoh-contoh soal yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada beberapa mata pelajaran disertai dengan informasi mengenai kompetensi, materi, dan level kognitif.

Contoh Soal Bahasa Indoensia SD
Matahari memancarkan sinarnya yang amat menyengat. Terik matahari yang panas membuat Mimit si semut rangrang bermalas-malasan. Saat itu, ia berjalan mondar-mandir ke sana dan ke mari, namun sebenarnya ia punya tujuan yang sudah pasti. Mimit mencari makanan dengan bantuan daya ciumnya yang hebat. Ibu Mimit berkata “Hati-hati Mimit, ada selokan yang airnya sangat deras di sekitar sini!” Mimit tidak mendengarkan peringatan ibunya. Upsss ....Mimit meloncat menjangkau makanan yang nampak lezat di pinggir selokan.

“Hmmm lezat nian potongan roti ini,” gumam Mimit. Perut terasa penuh. Langkah kaki Mimit mundur dan plung ... Mimit terbawa arus air selokan. Ia raih akar di dinding selokan untuk berpegangan. Upss... berhasil. Namun, kaki terbawa arus dan tak ada pijakan. “Tolong....tolong !”teriak Mimit.

Tata, Kakak Mimit, mendengar teriakan Mimit. Ketika melihat adiknya bergelantungan di akar dinding yang di bawahnya mengalir arus deras, Tata lari ke rumah memanggil saudara-saudaranya untuk menolong Mimit.

“Cici, Kiki, Sasa, Rara...ayo kita bersama-sama menolong Mimit.” Bergegas mereka menuju selokan yang arusnya sangat deras, tempat Mimit bergelantungan. Tata mengulurkan tangannya ke arah Mimit, saudara-saudara yang lain memegang kaki Tata menahan jangan sampai ikut terjatuh. Satu...dua...tiga....uhh akhirnya Mimit tertolong ditarik oleh keempat kakaknya bersama-sama. Mimit kedinginan dan menyimpan rasa penyesalan yang dalam karena tidak memperhatikan peringatan ibunya.

Pertanyaan

  1. Apa yang dipikirkan Tata ketika memanggil saudara-saudaranya untuk menolong Mimit?
  2. Sikap apa yang dapat diteladani dari tindakan saudara-saudara Mimit dalam cerita di atas? Tuliskan 1 jawabanmu !
  3. Apa judul yang tepat untuk bacaan tersebut ? Tuliskan 1 jawabanmu !
1.   Jawaban
  • Tata berpikir bahwa tidak dapat menyelamatkan Mimit seorang diri
  • Sulit untuk menolong Mimit sendirian
  • Jawaban lain yang semakna
2.   Jawaban
  • Bekerjasama melakukan pertolongan
  • Saling menyayangi antar saudara
  • Jawaban lain yang semakna
3.    Jawaban
  • Tolong Menolong
  • Bekerjasama
  • Kisah Mimit
  • Saling Menyayangi
  • Jawaban lain yang semakna/sesuai
Penjelasan:
Soal tersebut termasuk HOTS karena untuk menjawab pertanyaan harus terlebih dahulu menganalisis isi bacaan. Jawaban tersirat di dalam bacaan.

Itulah kiranya berbagi Informasi mengenai Langkah Penulisan Soal HOts dan Contohnya. semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...