RPP Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2

Berkas Sekolah - Download Gratis dan Lengkap RPP Qur'an Hadits Kelas X MA (Madrasah) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2 dalam format Word hanya DISINI dan sesuai dengan Silabus Madrasah Aliyah Kurikulum 2013.

RPP Qur'an Hadits Kelas X K13 Revisi dibagikan kepada bapak dan ibu tiada lain untuk membantu menyediakan perangkat pembalajaran selama 1 tahun terutama mempermudah dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

Dibawah ini kami juga sertakan Contoh RPP Qur'an Hadits Edisi Revisi Terbaru

Contoh RPP Qur'an Hadits Kurikulum 2013 Revisi 2017 


Satuan Pendidikan : MA ………………………………….
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Semester : X /2
Materi Pokok : Memahami Istilah Hadis
Sub Materi Pokok :  Pengertian Hadis
Macam-Macam Istilah Hadis

Alokasi Waktu : ………………………………….. x Menit

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami pengertian hadis, sunnah, khabar, dan asar
4.1 Mendeskripsikan substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadis, sunnah, khabar, dan asar.

Indikator

Lihat
KI dan KD
Di LKS
1. Memahami pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.
2. Memahami macam-macam istilah hadis.
3. Memahami persamaan hadis sunnah, khabar, dan aÁar.

C. Tujuan Pembelajaran
Lihat
KI dan KD
Di LKS

Peserta didik diharapkan dapat:
1. Memahami pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar
2. Menyebutkan macam-macam istilah hadis sunnah, khabar, dan aÁar
3. Mendeskripsikan substansi perbedaan dan persamaan pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar
4. Menerapkan perilaku berpegang teguh kepada hadis, sunnah, dan aÁar

D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Hadis
2. Macam-Macam Istilah Hadis

E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientifict approach).
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi .
Metode : 
1. Ceramah variatif.
2. Curah Pendapat.
3. Inquiri.
4. Pemecahan Masalah.
5. Diskusi.

F. . Media dan Sumber Pembelajaran 
1. Media
a. Laptop, CPU.
b. LCD Projector.
c. Film/Video.
d. Gambar/Foto.

2. Sumber Belajar
a. Buku Pedoman Guru Mapel Al-Qur’an Hadis MA,
b. Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Qur’an Hadis MA
c. Al-Qur’an dan terjamahanya.
d. Buku Ajar Fokus Qur’an Hadis 10B.
e. Buku penunjang Lainnya yang sesuai.
f. Media cetak dan elektronik sesuai materi.
g. Lingkungan sekitar yang mendukung.

G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan (… menit)

1. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3. Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
4. Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6. Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7. Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk gambar atau video.

Kegiatan Inti (… menit)
Mengamati
1. Membaca buku teks tentang objek IPA dan pengukuran.
2. Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar buku tentang memahami istilah hadis.

3. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan memahami istilah hadis, membaca salah satu hadis shahih riwayat Bukhari-Muslim, mengamati gambar-gambar sampul kitab hadis Bukhari-Muslim, mendengar uraian guru tentang pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.

Menanya
1. Guru meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada cek kemampuan awal.
2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang memahami istilah hadis, unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.
3. Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.
4. Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait memahami istilah hadis, unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.

Mengeksplorasi
1. Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pada cek kemampuan awal dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait memahami istilah hadis, unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.
3. Peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan tentang memahami istilah hadis; unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.

Mengasosiasikan
1. Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang memahami istilah hadis; unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar .
2. Peserta didik merumuskan tentang memahami istilah hadis; unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar.
3. Peserta didik menemukan hubungan memahami istilah hadis; unsur pokok pengertian hadis, sunnah, khabar, dan aÁar dengan pertanyaan konsep 5W + 1H.

Mengomunikasikan
1. Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.
2. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

Kegiatan Penutup (… menit)

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1. mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
4. menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

SKIP untuk Pertemuan Ke 2
  
H.      Penilaian
No.
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1. KI 1 dan
KI 2
Observasi

· Lembar observasi Terlampir
2. KI 3 Tes tertulis · Pilihan ganda
· Uraian
· Tugas mandiri atau kelompok
Terlampir
3. KI 4 Proyek · Lembar laporan tugas praktik
· Lembar laporan tugas proyek
Terlampir


 Lampiran 
Penilaian KI 1

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A. Petunjuk Umum

1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B. Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

C. Lembar Observasi

Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….

No
Aspek Pengamatan
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
5
Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai

dengan agama yang dianutnya
Jumlah Skor

Lembar Observasi

RPP Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2
image :pixabay


Download RPP Qur'an Hadits Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semester 2

Silahlan bagi Bapak dan Ibu yang kebetulan mengajar di Kelas X Madrasah Aliyah, yang belum mempunyai RPP ini, bisa didapatkan melalui link dibawah ini : Password: melihat.net

  • DOWNLOAD | Bab 1 KP 1 – Memahami Istilah Hadis
  • DOWNLOAD | Bab 1 KP 2 – Persamaan dan Perbedaan Hadis, Sunnah, Khabar, dan AÁar
  • DOWNLOAD | Bab 2 KP 1 – Memahami Sanad dan Matan Hadis
  • DOWNLOAD | Bab 2 KP 2 – Memahami Sanad dan Matan Hadis
  • DOWNLOAD | Bab 3 KP 1 – Memahami Macam-Macam Sunnah
  • DOWNLOAD | Bab 3 KP 2 – Memahami Macam-Macam Sunnah
  • DOWNLOAD | Bab 4 KP 1 – Memahami Pembagian Hadis dari Segi Kuantitas dan Kualitasnya
  • DOWNLOAD | Bab 4 KP 2 – Memahami Pembagian Hadis dari Segi Kuantitas dan Kualitasnya
  • DOWNLOAD | Bab 5 KP 1 – Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang Keikhlasan Beribadah
  • DOWNLOAD | Bab 5 KP 2 – Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang Keikhlasan Beribadah
Download Silabus, Prota, Promes Qur'an Hadits Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi
  • DOWNLOAD | Prota dan Promes Quran Hadis MA Kurikulum 2013 Kelas X-10
  • DOWNLOAD | Silabus Quran Hadis MA Kurikulum 2013 Kelas X-10

Demikianlah kiranya berbagi Prota, Promes, Silabus, RPP Qur'an Hadits MA Kelas X K13 Revisi. Semoga Bermanafaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...