Instrumen PMP Tahun 2019

Berikut ini kami bagikan Instrumen PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) Tahun 2019 jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dalam format PDF yang bisa di Download secara Gratis.

Instrumen PMP Tahun 2019

Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)

Mutu pendidikan dasar dan menengah adalah tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dan/atau program keahlian. Mutu pendidikan di satuan pendidikan tidak akan meningkat tanpa diiringi dengan penjaminan mutu pendidikan oleh satuan pendidikan.

Penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik diperlukan adanya sistem penjaminan mutu pendidikan.

Pengertian, Tujuan dan Fungsi PMP

Pengertian PMP
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dasar dan Menengah secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Tujuan PMP
Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah bertujuan menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri.

Fungsi PMP
Sistem penjaminan mutu pendidikan berfungsisebagai pengendali penyelenggaraanpendidikan oleh satuan pendidikan untukmewujudkan pendidikan yang bermutu.

Komponen Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan  Menengah

Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah terdiri atas dua komponen yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).
  1. Sistem Penjaminan Mutu Internal adalah  sistem penjaminan mutu yang  dilaksanakan dalam satuan pendidikan  dan dijalankan oleh seluruh komponen  satuan pendidikan;
  2. Sistem Penjaminan Mutu Eksternal yaitu  sistem penjaminan mutu yang  dilaksanakan oleh pemerintah,  pemerintah daerah, lembaga akreditasi  dan lembaga standarisasi pendidikan

Siklus Sistem Penjaminan Mutu  Pendidikan

Dalam implementasinya, sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah mengikuti siklus kegiatan sesuai dengan komponen masing masing.  Siklus sistem penjaminan mutu internal terdiri atas :
  1. Pemetaan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan;
  2. Pembuatan rencana peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Kerja Sekolah;
  3. Pelaksanaan pemenuhan mutu baik dalam pengelolaan satuan pendidikan maupun proses pembelajaran;
  4. Monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan; dan
  5. Penetapan standar baru dan penyusunan strategi peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi.

Acuan Mutu Pendidikan Dasar dan  Menengah

Implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar sesuai peraturan yang berlaku. Acuan utama sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP adalah standar minimal yang ditetapkan pemerintah dalam bidang pendidikan yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan dan semua pemangku kepentingan dalam mengelola dan menyelenggarakan pendidikan. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas:
  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi
  3. Standar Proses
  4. Standar Penilaian
  5. Standar Pendidik dan Tenaga  Kependidikan
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Sarana dan Prasarana
  8. Standar Pembiayaan
Kedelapan standar pendidikan tersebut membentuk rangkaian input, proses, dan output. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan output dalam SNP. SKL akan mencapai skor yang tinggi apabila input terpenuhi sepenuhnya dan proses berjalan dengan baik.

Itulah kiranya sedikit penjelasan mengenai Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang dilihat dari Pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang pastinya ingin meningkatkan kualitas Pendidikan. 

Apalagi PMP ini nantinya akan dijadikan acuan dalam pembagian BOS Kinerja yang tahun 2019 sudah dibagikan ke masing-masing sekolah yang sudah memenuhi 8 SNP dari pengisian Instrumen Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2018.

Download Instrumen PMP Tahun 2019

Untuk Instrumen PMP 2019 atau Instrumen Penjaminan Mutu Pendidikan jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang sudah kami janjikan akan dibagikan kali ini, bisa dengan mudah didapatkan melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini :

1. Instrumen PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) Tahun 2019 jenjang SD

Berisi kumpulan kuesioner untuk:
  • Kepala sekolah
  • Guru Mata Pelajaran
  • Siswa Kelas 4 s.d. 6
  • Komite sekolah/Orang tua siswa

Download Instrumen PMP SD Tahun 2019

2. Instrumen PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) Tahun 2019 jenjang SMP

Berisi kumpulan kuesioner untuk:
  • Kepala sekolah
  • Guru Mata Pelajaran
  • Siswa Kelas 7 s.d. 9
  • Komite sekolah/Orang tua siswa

Download Instrumen PMP SMP Tahun 2019

3. Instrumen PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) Tahun 2019 jenjang SMA

Berisi kumpulan kuesioner untuk:
  • Kepala sekolah
  • Guru Mata Pelajaran
  • Siswa Kelas 10 s.d. 12
  • Komite sekolah/Orang tua siswa

4. Instrumen PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) Tahun 2019 jenjang SMK

Berisi kumpulan kuesioner untuk:
  • Kepala sekolah
  • Guru Mata Pelajaran
  • Siswa Kelas 10 s.d. 12
  • Komite sekolah/Orang tua siswa
Download Instrumen PMP SMK Tahun 2019

Untuk saat ini Pengisan PMP (Penjaminan Mutu Pendikan) Tahun 2019 semua jenjang dilakukan secara Onlie/ Daring. Maka dari Itu Instrumen PMP yang sudah kami sediakan bisa menjadi Alternatif untuk Pengisian Manual secara Offline untuk nanti bisa di Input langsung secara Online. Bagi yang belum mengetahui bisa dengan mudah diakses melalui :
Itulah kiranya berbagi Informasi mengenai Instrumen PMP Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...