Komponen, Prinsip, Langkah Penyusunan dan Contoh RPP

Berkas Sekolah - Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan RPP, penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran dengan memperhatikan komponen, prinsip, langkah-langkah penyusunan dan Contoh RPP.

Komponen, Prinsip, Langkah Penyusunan dan Contoh RPP
image : freepik.com

A. Komponen RPP

Dalam Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran dinyatakan bahwa RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Adapun komponen RPP sesuai dengan Permendikbud tersebut paling sedikit memuat: (1) identitas sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran (*); (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Selanjutnya, dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, bahwa komponen RPP terdiri atas identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, KD dan IPK, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran (*) dan penilaian hasil pembelajaran. Kedua Permendikbud tersebut sama-sama membahas komponen RPP. Berdasarkan dua Permendikbud tersebut RPP dapat dikembangkan menggunakan tiga alternatif (1) mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, (2) mengacu pada komponen Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, dan (3) memadukan komponen dari dua Permendikbud (saling melengkapi).

B. Prinsip Penyusunan RPP

Prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut.
  1. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  2. Partisipasi aktif siswa.
  3. Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi

C. Langkah penyusunan RPP

  1. Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
  2. Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan rencana penilaian sesuai dengan muatan KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
  3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini berdasarkan hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan disesuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  5. Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran, buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
  6. Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
  7. Menentukan media, alat, bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran.
  8. Memastikan sumber belajar yang dijadikan referensi yang akan digunakan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.
  9. Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
  10. Mengembangkan penilaian proses dan hasil belajar meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran (lihat Panduan Penilaian).

D. Contoh RPP

1. RPP yang memuat komponen sesuai dengan Permendikbud No. 103 tahun 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :

A. Kompetensi Inti (KI)

B. Kompetensi Dasar/KD
  1. KD pada KI-1 (khusus untuk mapel Agama dan PPKn)
  2. KD pada KI-2 (khusus untuk mapel Agama dan PPKn)
  3. KD pada KI-3
  4. KD pada KI-4
C. Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
  1. Indikator KD pada KI-1
  2. Indikator KD pada KI-2
  3. Indikator KD pada KI-3
  4. Indikator KD pada KI-4
D. Materi Pembelajaran (**)

E. Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan Pertama: (...JP)
    • a. Kegiatan Pendahuluan
    • b. Kegiatan Inti (***)
    • c. Kegiatan Penutup
  2. Pertemuan Kedua: (...JP)
    • a. Kegiatan Pendahuluan
    • b. Kegiatan Inti (***)
    • c. Kegiatan Penutup
  3. Pertemuan seterusnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1. Teknik penilaian
  2. Instrumen penilaian
    • a. Pertemuan Pertama
    • b. Pertemuan Kedua
    • c. Pertemuan seterusnya
  3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
  1. Media/alat
  2. Bahan
  3. Sumber Belajar

2. RPP yang memuat komponen sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :

A. Tujuan Pembelajaran (*)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

C. Materi Pembelajaran (**)

D. Metode Pembelajaran (***)

E. Media Pembelajaran

F. Sumber Belajar

G. Langkah – Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Pendahuluan
  2. Kegiatan Inti
  3. Kegiatan Penutup

H. Penilaian Hasil Pembelajaran

3. Perpaduan Permendikbud No. 103 Thaun 2014 dan No. 22 Tahun 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :

A. Kompetensi Inti/KI

B. Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
KD pada KI 1 ( khusus Guruan Agama dan PPKn)
KD pada KI 2 ( Khusus Guruan Agama dan PPKn)
KD pada KI 3 ...
KD pada KI 4 ...

C. Tujuan Pembelajaran (*)

D. Materi Pembelajaran (**)

E. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran (***)

F. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran

G. Sumber Belajar

H. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (....JP)
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup
Pertemuan kedua : (....JP)
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup
Pertemuan ketiga : (....JP)
Pertemuan seterusnya

I. Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk menjamin pencapaian kompetensi yang harus dikuasai siswa. Kegiatan pembelajaran harus dapat mengembangkan potensi siswa sehingga mencapai perkembangan yang seimbang antara kebutuhan fisik, psikis, dan spritual yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Itulah kiranya yang bisa kami sampaikan mengenai Komponen, Prinsip, Langkah Penyusunan dan Contoh RPP pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu Bapak/Ibu Guru dalam menyusun dan membuat RPP sesuai dengan Kurikulum yang digunakan di Sekolah/ Madrasah.

Bagi yang membutuhkan Panduan Lengkapnya, kami sudah sediakan dalam bentuk PDF yang siap di cetak melalui link dibawah ini :
Download Panduan Komponen, Prinsip, Langkah Penyusunan dan Contoh RPP
Demikianlah berbagi Informasi tentang Komponen, Prinsip, Langkah Penyusunan dan Contoh RPP, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...