Paket Unit Pembelajaran Program PKB SMP melalui PKP berbasis Zonasi

Berikut ini adalah berkas Paket Unit Pembelajaran Program PKB SMP melalui PKP berbasis Zonasi Download file format PDF semua Mata pelajaran yang bisa di Download Gratis. Adapun mata pelajaran itu meliputi :

  • Mata Pelajaran Bahasa Indonesia - Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi, dan Prosedur
  • Mata Pelajaran Bahasa Inggris - Teks Khusus
  • Bimbingan Konseling (BK) - Kemampuan Belajar
  • Mata Pelajaran Informatika - Berpikir Komputasional
  • Mata Pelajaran IPA - Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
  • Mata Pelajaran IPS - Manusia, Tempat, dan Lingkungan
  • Mata Pelajaran Matematika - Pembelajaran Bilangan Rasional
  • Mata Pelajaran PJOK - Bola Voli
  • Mata Pelajaran PPKn - Pancasila
  • Mata Pelajaran Seni Budaya - Pemeranan

Paket Unit Pembelajaran Program PKB SMP melalui PKP berbasis Zonasi
Paket Unit Pembelajaran Program PKB SMP melalui PKP berbasis Zonasi

Paket Unit Pembelajaran Program PKB SMP melalui PKP berbasis Zonasi

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran  Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif dan tepat sasaran.

Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim penyusun yang berasal dari PPPPTK, LPMP, maupun Perguruan Tinggi dan berbagai pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi positif dalam mewujudkan penyelesaian Unit Pembelajaran ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program ini dikembangkan dengan menekankan pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

Download Paket Unit Pembelajaran Program PKB SMP melalui PKP berbasis Zonasi

Semoga dengan adanya Paket Unit Pembelajaran dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan tingkat SMP melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran berbasis Zonasi ini benar-benar bisa meningkatkan kualitas pendidikan baik dari tenaga pendidik dan lulusan yang berkualitas untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Bagi Bapak/IBu yang membutuhkan semua mata pelajarannya bisa dengan mudah didapatkan melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini ;

Paket Unit Pembelajaran Program PKB SMP melalui PKP berbasis Zonasi


Download File :

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia - Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi, dan Prosedur.pdf Download 

Mata Pelajaran Bahasa Inggris - Teks Khusus.pdf Download 

Bimbingan Konseling (BK) - Kemampuan Belajar.pdf Download 

Mata Pelajaran Informatika - Berpikir Komputasional.pdf Download 

Mata Pelajaran IPA - Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup.pdf Download 

Mata Pelajaran IPS - Manusia, Tempat, dan Lingkungan.pdf Download 

Mata Pelajaran Matematika - Pembelajaran Bilangan Rasional.pdf Download 

Mata Pelajaran PJOK - Bola Voli.pdf Download 

Mata Pelajaran PPKn - Pancasila.pdf Download 

Mata Pelajaran Seni Budaya - Pemeranan.pdf Download 

Itulah kiranya berbagi Informasi dan file mengenai Paket Unit Pembelajaran Program PKB SMP melalui PKP berbasis Zonasi, semoga bermanfaat untuk bapak/ibu dimanapun berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...