Paket Unit Pembelajaran Program PKB SD melalui PKP berbasis Zonasi

Berikut ini kami bagikan Paket Unit Pembelajaran Program PKB SD melalui PKP berbasis Zonasi dalam format PDF dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan semua mata pelajaran.

 Adapun Mata Pelajarannya meliputi :
  • Mata Pelajaran Bahasa Indonesia - Tata Bahasa
  • Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya - Karya Seni Rupa Dua Dimensi dan Tiga Dimensi
  • Mata Pelajaran IPS - Karakteristik Geografis dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
  • Mata Pelajaran Matematika - Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat
  • Mata Pelajaran IPA - Bumi dan Alam Semesta
  • Mata Pelajaran PPKn - Pancasila
  • Mata Pelajaran Matematika - Operasi Hitung Bilangan Bulat
  • Mata Pelajaran Matematika - FPB dan KPK
  • Mata Pelajaran Matematika - Pangkat dan Akar Suatu Bilangan
  • Mata Pelajaran PJOK - Kasti

Paket Unit Pembelajaran Program PKB melalui PKB berbasis Zonasi Tingkat SD

Paket Unit Pembelajaran Program PKB melalui PKB berbasis Zonasi

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif dan tepat sasaran.

Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim penyusun yang berasal dari PPPPTK, LPMP, maupun Perguruan Tinggi dan berbagai pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi positif dalam mewujudkan penyelesaian Unit Pembelajaran ini.

Download Paket Unit Pembelajaran Program PKB SD melalui PKP berbasis Zonasi

Pelaksanaan kegiatan akan berjalan lancar apabila dipersiapkan dengan optimal. Semua unsur bekerja sama melaksanakan perannya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Oleh karena itu, komitmen yang kuat semua pihak terkait, akan mendukung keberhasilan pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), yang diperlukan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Unit Pembelajaran yang telah diintegrasikan dengan Kompetensi Dasar sesuai dengan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018, Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007, dan Soal-soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tiga tahun terakhir ini, diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan kompetensi peserta didik. Pengetahuan, keterampilan yang didapat hendaknya dipraktikkan dalam pelaksanakan pembelajaran sehari-hari.

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Paket Unit Pembelajaran Program PKB SD melalui PKP berbasis Zonasi ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Paket Unit Pembelajaran Program PKB SD melalui PKP berbasis Zonasi


Download File :

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia - Tata Bahasa.pdf Download

Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya - Karya Seni Rupa Dua Dimensi dan Tiga Dimensi.pdf Download

Mata Pelajaran IPS - Karakteristik Geografis dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam.pdf Download

Mata Pelajaran Matematika - Pembelajaran Bilangan Asli, Cacah dan Bulat.pdf Download

Mata Pelajaran IPA - Bumi dan Alam Semesta.pdf Download

Mata Pelajaran PPKn - Pancasila.pdf Download

Mata Pelajaran Matematika - Operasi Hitung Bilangan Bulat.pdf Download

Mata Pelajaran Matematika - FPB dan KPK.pdf Download

Mata Pelajaran Matematika - Pangkat dan Akar Suatu Bilangan.pdf Download

Mata Pelajaran PJOK - Kasti.pdf Download

Itulah kiranya berbagi Informasi dan File mengenai Paket Unit Pembelajaran Program PKB melalui PKB berbasis Zonasi Tingkat SD, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...