Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Online dan Offline
Senin, September 23, 2019
Berikut ini adalah Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Online dan Offline dalam format Word ektensi Docs yang bisa di Download Gratis untuk Pemetaan Kepala Sekolah dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) untuk melihat kemampuan Kepala Sekolah dalam hal Manajemen Sekolah.
Uji kompetensi kepala sekolah berfokus pada dimensi kompetensi kepemimpinan pembelajaran, kewirausahaan, manajemen, supervisi dan usaha pengembangan sekolah dan dilakukan atas dasar sebagai Pemetaan Kompetensi kepala Sekolah.
Dibawah ini kami sertakan pula Soal-Soal UKKS lengkap dengan Kunci Jawabannya untuk latihan offline dan ujian online (daring).
Contoh Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Online dan Offline |
Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS)
Uji Kompetensi Kepala Sekolah atau UKKS merupakan kegiatan yang dilaksanakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) untuk melihat kemampuan Kepala Sekolah dalam hal Manajemen Sekolah.Uji kompetensi kepala sekolah berfokus pada dimensi kompetensi kepemimpinan pembelajaran, kewirausahaan, manajemen, supervisi dan usaha pengembangan sekolah dan dilakukan atas dasar sebagai Pemetaan Kompetensi kepala Sekolah.
Dibawah ini kami sertakan pula Soal-Soal UKKS lengkap dengan Kunci Jawabannya untuk latihan offline dan ujian online (daring).
Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Offline
1. Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
- Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
- Visi harus memiliki keunikan
- Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
- Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
2. Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
- visi tidak ditafsirkan secara berbeda
- tujuan dapat dicapai dengan mudah
- misi dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
- semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
3. Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......
- mampu mencapai standar internasional
- mampu mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
- mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
- menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
4. Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
- sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
- pijakan untuk menentukan program sekolah
- memberi motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
- meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
5. Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar ...
- cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu
- pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan
- siswa sukses dalam bidang akademik
- status sekolah mencapai taraf internasional
6. Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
- Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar,
- Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
- Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
- Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
7. Visi: Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...
- Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
8. Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut…
- Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
- Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
- Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
- Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
- Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
- Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanj uti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
- Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
- Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
10. Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolah melakukan…..
- Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
- Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
- Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
11. Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yg sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah ....
- Satu nilai untuk satu mata pelajaran
- Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
- Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
- Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
- Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
- Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
- Meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujian sekolah,
- Memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus sekolah.
- Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
- Tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
- Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
- Tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
- Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
- Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
- Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
- Tidak menyetujui karena akan merugikan siswa.
- Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa
- Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
- Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
- Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel
16. Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah
tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
- Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
- Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
- Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
- Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
- Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
- Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah,
- Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
- Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
- Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
- Menyusun dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
- Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan
- Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB dilaksanakan.
- Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
- Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
- Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
- Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal.
- RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
- KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
- RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
- KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
21. Kepala SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut di akhir Tahun Pelajaran adalah ...
kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
- Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis
- pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
- Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
- Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam bentuk laporan tertulis.
- Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
- Menyusun program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
- Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
- Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
- Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
- Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihat semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
- Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
- Tidak menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
- Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
- Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
- Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
- Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
- Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo masyarakat tinggi,
- Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
- Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
- Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
- mampu beradaptasi dengan perkantoran.
- mampu beradaptasi dengan perkantoran.
- berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
- inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
- Menghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
- tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
- pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
- pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
- mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai.
- semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
- saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
- menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
- Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
- Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
- Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
- Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
- biar saja, asal tidak mengganggu.
- guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
- Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dngan menyapa dan menyampaikan salam.
- mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
Download Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS)
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas dari Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Online dan Offline ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:
Pratinjau Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Online dan Offline
Download File :
Download Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Online dan OfflineItulah kiranya berbagi contoh Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Offline untuk hafalan online yang bisa dipelajari supaya nanti lulus dalam pemetaan kepala sekolah. Sekian dan terima Kasih.