Cara Cetak SPTJM di Dapodik 2020

Berkas Sekolah - Cetak SPTJM merupakan salah satu menu terbaru yang ada di Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan Alamat di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/  dan harus segera dibuat sebagai tanda bahwa selesainya pengisian Data di Awal tahun Pelajaran yang dilaksanakan Operator Sekolah atau Operator Yayasan.

Surat Pertanggungjawaban Mutlak atau SPTJM itu sendiri berisi tentang tanggung jawab Kepala sekolah akan kebenaran dan kesesuaian data yang ada di Aplikasi Dapodik dengan yang REAL. berikut sepenggal isi dari SPTJM.

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:
  1. Bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan kemutakhiran data yang diisikan dan dikirimkan melalui aplikasi Dapodik.
  2. Apabila di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian antara data yang dikirimkan dengan keadaan yang sebenarnya, kami bertanggung jawab sepenuhnya dan bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Demikian pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya.

Bagaimana Cara Mencetak SPTJM Dapodik 2020?

Berikut ini kami akan uraikan secara detail cara mencetak SPTJM di Dapodik versi 2020

1. Silahkan kunjungi Alamat di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/


2. Login menggunakan SSO Dapodik dengan memasukan User dan Password yang biasa digunakan untuk masuk ke Aplikasi DAPODIK Offline (Para OPS pasti sudah hatam betul)

3. Setelah masuk langsung saja Klik menu DOKUMEN (lihat digambar angka 1) kemudian KLIK menu SPTJM (lihat digambar angka 2)


4. Kemudian Klik SPTJM warna biru (lihat digambar angka 3)


5. Lihat pada Gambar diatas bertuliskan angkat 4. Disana Bapak/Ibu bisa memilih kertas yang digunakan untuk mencetak SPTJM. Ada beberapa pilihan kertas yang bisa digunakan yakni :
  • A4
  • Letter
  • Legal
  • Folio
6. Klik Menu Cetak seperti Gambar diatas yang ditunjukan angkat nomr 5. 

*) Dalam hal mencetak SPTJM ini jika komputer/ Laptop yang digunakan terhubung dengan Printer maka akan langsung dicetak. Dan jika komputer/ Laptop bapa/ibu tidak terhubung maka akan dibuatkan file dalam bentuk PDF yang nantinya bisa di Download langsung.

7. Penampakan SPTJM yang sudah di Download/ dicetak langsung seperti gambar dibawah ini


Maaf sebelumnya untuk Para Operator Senior dimanapun berada, bukan maksud menggurui atau sok dalam hal seperti ini, tapi ini ditujukan bagi Operator Baru yang belum mengetahui Cara Cetak SPTJM di sp.datadik.kemdikbud.go.id.

Karena memang untuk sebagian Wilayah, SPTJM ini digunakan sebagai salah satu syarat dalam pencairan DANA BOS.

Itulah kiranya berbagi Informasi mengenai cara cetak SPTJM di Dapodik Tahun 2020 semoga bisa bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...